Sabtu, 24 November 2012

Elektronik power stering

Electric Power Steering (EPS) adalah sistem perubahan proses kerja power steering yang mengalihkan sistem hidrolis ke sistem elektris . Cara kerja sistem electric power steering (EPS) adalah kunci di putar ke posisi On, Control module memperoleh arus listrik untuk kondisi stand bay,
bersamaan dgn itu indikator EPS pada panel instrumen menyala. Saat mesin hidup, Noise suppressor segera menginformasikan pada contril module untuk mengaktifkan motor listrik dan clutch pun langsung menghubungkan motor dgn batang setir. Salah satu sensor yang terletak pada steering rack bertugas memberi informasi pada control module ketika setir mulai diputar yang dinamakan Torque Sensor, alat ini akan memberikan informasi kepada control module sejauh mana setir diputar dan seberapa cepat putarannya. Dengan informasi tersebut control module segera mengirim arus listrik sesuai kebutuhan ,otor listrik untuk memutar gigi kemudi, dengan begitu proses memutar setir menjadi ringan. Vehicle speed sensor bertugas begitu mobil mulai melaju. sensor ini memberikan informasi bogi control module tentang kecepatan kendaraan, jika kecepatan melampaui 80 KM maka motor elektrik akan do nonaktifkan sehingga dengan begitu setir menjadi berat dan meningkatkan safety. Jadi sistem EPS ini mengatur besarnya arus listrik sesuai yang dibutuhkan oleh motor listrik dan memberikan kode tertentu jika ada malfungsi pada sistem. Electric Power Steering menggunakan beberapa perangkat elektronik seperti : Control Module : yang berfungsi sebagai komputer untuk mengatur kerja EPS Motor elektrik : berfungsi meringankan pemutaran batang setir Vehicle Speed Sensor : Terletak di gearbox yg berfungsi menginformasikan kecepatan mobil Torque Sensor : berada di kolom setir berfungsi menginformasikan setir mulai diputar dan seberapa cepat putarannya Clutch : kopling ini ada diantara motor & batang setir , tugasnya untuk menghubungkan dan melepaskan antara motor dan batang setir sesuai kondisi Noise Suppressor : bertindak sebagai sensor yg mendeteksi mesin sedang bekerja atau tidak Onboard Diagnostic Display : Berupa indikator di panel instrumen yang akan menyala jika ada masalah dengan sistem EPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar